Tugas & Tanggung Jawab:
- Merancang dan memastikan sistem pengiriman produk yang sistematis, rapi, dan terstruktur untuk bebrapa lokasi pengiriman
- Meminimalkan kesalahan pengiriman serta menangani dan menganalisis retur dari pelanggan, termasuk mengawasi pengadaan & pencatatan bahan kemas (kardus, label, bubble wrap, dll) agar selalu tersedia sesuai kebutuhan
- Memahami dan mengikuti alur program promosi/pengiriman perusahaan yang berubah-ubah di tiap marketplace
- Melakukan problem solving dan pengambilan keputusan cepat saat ada kendala di lapangan
- Memastikan stok barang keluar sesuai data penjualan dan kebutuhan pengiriman di tiap marketplace
- Memastikan kepuasan pelanggan melalui monitoring proses pengiriman dan evaluasi komplain
- Mengelola dan memantau penggunaan sistem program ( misalnya : Plexseller atau program pencatatan lainnya ) (akan diberi pelatihan jika belum familiar)
- Berkoordinasi dengan tim CS, gudang, dan marketplace untuk memastikan sinkronisasi proses
- Menyusun dan melaporkan data performa pengiriman & retur secara berkala kepada manajemen
Kualifikasi:
- Memahami alur penjualan dan sistem pengiriman di Shopee, TikTok Shop, Tokopedia, Lazada, dan Blibli
- Memiliki pengalaman dalam mengelola pengiriman volume besar (lebih dari 500 pengiriman per hari)
- Terbiasa memimpin atau mengoordinasikan tim lintas lokasi
- Mampu berpikir sistematis, memiliki logika kuat, dan cepat dalam pengambilan keputusan
- Jujur, memiliki etika kerja yang baik, disiplin, dan mampu bekerja secara mandiri maupun tim
- Memiliki kemampuan teknis dasar menggunakan sistem digital pengiriman dan inventory (Plexseller atau sejenisnya , dashboard ekspedisi, spreadsheet, dll)
- Mampu menyusun SOP kerja yang efektif dan efisien untuk tim pengiriman
- Mampu dan terbiasa bekerja dengan excel dan pemahanan serta pengembangan rumusnya